Halaman

Rabu, 08 Juli 2020

AKUNTANSI UNTUK LEASING

Pengertian Leasing
Lease adalah perjanjian kontraktual antara lessor dan lessee yang memebrikan hak kepada lessee untuk menggunakan property tertentu  yang dimiliki oleh lessor, selama periode tertentu dengan membayar sejumlah uang (sewa) yang sudah ditentukan yang umumnya secara periodik.

Dampak Standar Akuntansi Leasing Baru bagi Lessee

Lessee atau penerima barang leasing kemungkinan akan paling terpengaruh oleh standar akuntansi leasing FASB yang baru. Sementara peraturan lama mempertahankan pendekatan dua model untuk mengklasifikasikan transaksi leasing sebagai Operating Lease atau Finance Lease, sebagian besar transaksi leasing pada peraturan baru harus dicatat pada neraca atau balance sheet. Khusus leasing jangka pendek dapat dikecualikan yaitu Lessee dapat mengadopsi kebijakan akuntansi untuk tidak mencatat transaksi leasing yang berjangka waktu 12 bulan atau kurang.

Pencatatan transaksi leasing harus diakui pembayarannya berdasarkan nilai sekarang (present value) untuk mengakui pembayaran hak atas penggunaan barang leasing. Nilai sekarang akan ditentukan berdasarkan tarif implisit atau Lessee’s Incremental Borrowing Rate.

Sementara Operating Lease dan Finance Lease dicatat di neraca, terdapat perbedaan pada metode pengakuan biayanya. Operating Lease mensyaratkan biaya leasing harus diakui dengan metode penyusutan garis lurus selama masa sewa, sedangkan Finance Lease mensyaratkan Lessee untuk mengakui beban bunga dan biaya amortisasinya. Akibatnya, Lessee biasanya akan mencatat biaya yang lebih besar pada awal masa sewa untuk Finance Lease.


Daftar Pustaka

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-pahami-aturan-baru-penerapan-akuntansi-leasing-yang-berlaku-pada-akhir-tahun-2018/
http://sashaannisa18.blogspot.com/2015/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LANGKAH PENCEGAHAN VIRUS CORONA

Bersihkan tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. Selalu jaga jarak yang aman dengan...